CAHAYA CREAM
( Distributor Pengkilap Batu Akik )

Alamat : Desa Menganti RT 02 RW 01, Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah 53173
Hotline : 0852-1953-3176 || 0819-0353-3190 || 0857-2619-4282 || Pin BB 587C8E8E
Email :
grosirpengkilapbatu@gmail.com

Asal Usul Batu Akik



Asal Usul Batu Akik

Batu akik yang saat ini sedang booming dikalangan masyarakat ternyata pembentukannya melalui proses yang sangat panjang. Beberapa jenis batu yang populer di Indonesia seperti bacan, giok, safir, zamrud, kecubung, sulaiman, ruby, red raflesia, combong dan lainnya. Menurut Para Pakar Geologi awalnya adalah pergerakan dari aktivitas magma yang ada di dalam perut bumi. Suhu yang terjadi di dalam pergerakan magma tersebut mencapai 1000 derajat celcius sampai dengan 1.300 derajat celcius. 

Karena suhu yang begitu tinggi maka aktivitas magma ini bergeraak mendorong keluar mencari celah untuk dapat keluar ke permukaan bumi. Proses pergerakan ini memerlukan waktu yang sangat lama, bisa jutaan tahun bahkan bisa mencapai milyaran tahun dari magma tersebut untuk dapat mencapai ke permukaan bumi. Di dalam bumi sendiri terdapat berlapis-lapis bebatuan, sehingga dalam proses keluarnya cairan magma dari dalam bumi akan tercampur dengan beberapa lapisan bumi yang terlewati cairan tersebut. Proses ini sering disebut dengan Erupsi seperti halnya terjadinya Gunung Berapi.

Cairan panas magma yang berhasil keluar permukaan tanah melalui proses retakan-retakan yang akhirnya akan membentuk lapisan-lapisan mineral dan bebatuan. Ketika magma cair melewati retakan tanah maka akan terjadi pendinginan atau dalam istilah Geologi sering disebut dengan Hidrotermal. Dari pendinginan inilah terbentuknya bebatuan tersebut.
Bebatuan yang pertama kali terbentuk adalah Intan. Pembentukan ini bisa terjadi pada kedalaman 160 km di dalam bumi. Batu jenis intan ini merupakan jenis baebatuan yang sangat keras, tidak ada jenis batu yang sekeras intan.

Dari proses Hidrotermal ini, jika terbentuk mineral maka bisa menjadi emas, tembaga, besi, nikel dan lainnya. Proses ini juga bisa membentuk batuan Kristal yang nantinya bisa menjadi Batu Intan, Batu Akik, sampai Batu Kali. Kalau Batu Intan terbentuknya di bagian bumi yang cukup dalam, akan tetapi kalau Batu Akik terbentuknya lebih ke arah permukaan tanah dan bahkan banyak tersebar di aliran sungai. Sehingga seperti kita ketahui banyak orang mencari bahan atau bongkahan batu akik di sepanjang aliran sungai.

Standar untuk menentukan harga batu akik tergantung dari trend di masyarakat. Dari batu akik yang termahal samapai batu akik yang termurah kembali kepada penilaian masyarakat. Karena sifatnya adalah kesenangan maka masyarakatlah yang akan menentukan harga batu akik tersebut.

Begitulah proses terjadinya pembentukan batu akik di alam ini.


Sumber :
www.detik.com 
www.kompas.com 
- Bapak Surono Selaku Kepala Badan Geologi Kementrian Energi Dan Sumberdaya Mineral (ESDM) 
- Bapak Indyo Pratomo dari Musium Geologi Bandung
- Bapak Sujatmiko Selaku Geolog dan juga Sekretaris Jenderal Masyarakat Batu Mulia Indonesia



Baca juga :

Tentang Skala Mohs (standar tingkat kekerasan mineral/bebatuan)
Jenis-Jenis Batu Akik
Batu Akik Termahal Di Dunia
Khasiat Dan Maanfaat Batu Akik Berdasarkan Warna
- Cara Mengkilapkan Batu Akik



Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit